Struktur

Minggu, 14 Agustus 2011

PROFIL YAYASAN "AS-SYIFA" Turatea



Yayasan AS-SYIFA Turatea mempunyai landasan nilai dasar kemanusiaan , solidaritas sosial, integritas, kesetaraan, kesederhanaan dan inklusivitas dalam menjalankan pelayanannya di masyarakat. YAT in didirikan terhitung sejak tanggal 18 juli 2011, di Kelurahan Togo-togo, Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan dalam janka waktu yang tidak ditentukan lamanya.


YAT mempunyai tugas utama untuk memperkuat masyarakat sipil khususnya mereka yang rentan dan terpinggirkan oleh sistem kekuasaan represif dan tidak adil, sehingga mereka mempunyai akses dan daya tawar untuk memenuhi hak dasarnya di segala bidang dan perdamaian di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.


YAT dibangun berdasarkan pada komitmen untuk berpihak pada mereka yang lemah dan miskin melalui pelayanan kemanusiaan, sebagai bentuk solidaritas sisoal yang menjunjung tinggi nilai kesetaraan, integritas, kesederhanaan dan inklusivitas yang didefinisikan sebagi berikut :

1. Kesetaraan : setiap individu/kelompok yang terlibat didalam YAT adalah manusia bermartabat yang dihargai keberadaannya dan terlibat aktif dalam setiap proses organisasi baik diwilayah internal maupun eksternal organisasi.

2. Integritas : menjunjung tinggi nilai dan prinsip organisasi serta bertanggung jawab dalam setiap proses keputusan/pekerjaan yang diembannya. Mempunyai konsistensi dalam bertindak antara nilai dan prinsip dengan praksis yang dilakukan.

3. Kesederhanaan : memiliki sikap untuk tidak terjebak dalam pola hidup konsumirisme dan hedonis sehingga selalu dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan sarana dalam setiap tingkatan dan wilayah kerja YAT.

4. Inklusivitas : memiliki sikap yang tidak membeda-bedakan suku, agam dan latar belakang lainnya dalam melakukan segala macam bentuk pelayanan kemanusiaan dimasyarakat. Mempunyai pola pemikiran yang positif dan mempunyai kepekaan bahwa keberadaannya itu selalu ditentukan oleh pihak lain.

Selalu menyadari atas kemampuan diri yang ternbatas sehingga terbuka untuk membangun jaringan kerja dengan organisasi lain yang mempunyai kesamaan nilai. Kami selalu beursaha menginternalisasikan nilai-nilai tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari, dengan selalu mengacu pada slogan Albert Einstein: “Only life lived for other is a life worthwhile” (Jidup yang berharga adalah hidup untuk sesama).

Dalam menjalankan manajemen organisasi disetiap tingkatan dan wilayah kerja, baik personal, kolektif maupun ketika bersama-sama dengan masyarakat, Yayasan As-Syifa Turatea menerapkan prinsip-prinsip:

1. Transparansi : siap memberikan akses yang benar kepada setiap pemangku kepentingan yang membutuhkan sesuai dengan komitmen dan kesepakatan bersama.

2. Akuntabilitas : siap sebagai pihak yang tertanggung gugat dalam setiap implementasi kebijakan program di setiap tingkatan dan wilayah kerja.

3. Demokrasi : menghargai kebebasan berpendapat dan menerima berbagai masukan dari berbagai pihak secara bijak dalam setiap proses pengambilan keputusan.

4. Berkesinambungan : mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam setiap keputusan program yang dilakukan.

5. Tanpa kekerasan : mengedepankan musyawarah dengan asas kekeluargaan dalam setiap penyelesaian masalah disetiap tingkatan maupun wilayah kerja.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More